Materi Penyusunan Sel

|

A. BAHAN ORGANIS

1. Air

60 – 95 % isi sel terdiri atas H2O. Kadar ini sesuai dengan hidup makluk. fungsinya pelarut, bahan suspensi, hidrolisa, pengangkut, menciptakan selaput air, bahan sintesa karbohidrat.

2. Gas

Ada 4 macam gas yang terdapat dalam sel :

- Oksigen (O2)

Adalah ampas sintesa karbohidrat oleh tumbuhan hijau. Oksigen masuk ke dalam sel lewat pernapasan. Di udara bebas terdapat 21%, di air sekitar 0,5%. Fungsinya sebagai oksidasi zat makanan.

- Karbodioksida (CO2)

Karbondioksida berupa ampas oksidasi. Kadar CO2 di udara0,04%. Dari gas ini terdapat unbsur C dan O dalam molekul karbohidrat. Fungsi di tumbuhan sebagai sintesa karbohidrat.

- Nitrogen

Bagi sel tidak terpakai, meski ikut masuk bersama gas pernapasan. Unsur nitrogen baru bisa diikat oleh sel kalau sudah dalam ikatan ion nitrat (NO3-), meski sebagian kecil makhluk ada juga yang dapat mempergunakan ion ammonium (NH4-).

- Amonia

Ampas metabolisme protein dalam sel hewan. Amonia sangat meracun bagi sel itu dan harus dikeluarkan dan dinetralkan sementara sebelum diekskresi.

3. Garam Mineral

Meliputi C,H,O,P,K,I,N,S,Ca,Fe,Mg,Na,Cl,Cu,Mn,Zn dan Mo,Ca,Mg,Na,k,p,s,Cl membina 60-80% bahan kimia sel. Al,Bo,Se,Cd,Cr,Va diperlukan dalam kadar yang rendah. Biasanya berbentuk ion, dan banyak yang bersenyawa dengan bahan organis.

4. Karbohidrat

Membina 1 % protoplasma tumbuhan dan hewan terdiri atas :

- monosakarida

- disakarida

- polisakarida

5. Lemak

Terdiri dari unsur C,H, dan O. O lebih sedikit dan H lebih banyak daripada karbohidrat. Lemak mengandung asam lemak yang C-nya jenuh. Minyak mengandung asam lemak yang C-nya tidak jenuh.

Fungsi: - Komponen utama unit membrane dalam sel, dan disebut juga zat pembangun.

- Sumber energi selain karbohidrat.

- Sebagai bantalan terhadap suhu, tekanan fisik.

6. Protein

Terdiri dari unsur C,H,O dan N, Kadang-kadang S dan P, Unsur N merupakan ciri dari protein. Protein merupakan bahan pokok untuk membuat unit membran organel kromatin, enzim, dan serat intra dan extra seluler dan juga sebagai zat pembangun bersama lemak. Dan juga sebagai pengganti sel-sel tubuh yang rusak.

7. Asam inti

Terdiri dari ARN dan AND, AND adalah sumber genetis aktivitas sel, ARN adalah pelaksana informasi (sistesa protein), dan merupakan asam penyusun inti sel.

8. Enzim

Bekerja sebagai katalisa, Dihasilkan di RE (Retikulum Endoplasma),Dihasilkan sedikit tetapi kemampuannya sangat besar. Fungsinya sebagai katalisator yaitu mempercepat reaksi kimia di dalam tubuh tetapi tidak ikut bereaksi.

9. Vitamin

Selalu mengandung gugus amine

Ada 2 golongan

- larut dalam air : B dan C

- larut dalam lemak : A,D,E,K

Fungsi: - memelihara fungsi metabolisme supaya normal.

- membina berbagai zat dan melancarkan reaksi kimia.

10. Hormon

Hormon dihasilkan oleh sel tertentu dalam jaringan epitel atau suatu kelenjar endokrin.

Susunan kimia :

- Peptida - Steroid

- Protein - Amine

- Glikoprotein

Fungsinya mengkoordinasi segala proses dalam tubuh agar berjalan normal dan bekerja sama dengan neurotransmitter dan rangsang listrik.

11. Antobodi

Tergolong glikoprotein. Protein : glubulin/imunoglobin (19) yang diproduksi dalam RE kasar yang berasternal besar dan gelembung. Fungsinya menyerang antigen yang dihasilkan benda asing yang masuk ke dalam sel atau berada di dalam cairan intraseluler, sehingga berfungsi sebagai daya tahan tubuh.

0 comments:

Posting Komentar